header-int

Laporan Indeks Daya Saing Daerah 2020 Kabupaten Pamekasan

Kamis, 24 Jun 2021, 08:48:23 WIB - 973 View
Share
Laporan Indeks Daya Saing Daerah 2020 Kabupaten Pamekasan

Dalam rangka pelaksanaan pembangunan daerah yang semakin dinamis diperlukan upaya pembinaan, pengembangan dan inovasi secara lebih terarah dan terpadu sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemajuan pembangunan daerah. Pembangunan ekonomi daerah pada dasarnya bersifat multisektoral dengan melibatkan banyak pelaku pembangunan sehingga diperlukan kerja sama dan koordinasi di antara semua pihak yang berkepentingan.

Selain itu, untuk mengevaluasi kinerja pembangunan ekonomi daerah dibutuhkan identifikasi terhadap kriteria evaluasi dan pengukuran daya saing yang tepat. Kemampuan mengidentifikasi potensi dan daya saing daerah mutlak diperlukan bagi pemerintah dan para pemangku kepentingan di daerah sebagai pijakan dalam menyediakan kebijakan dasar yang diperlukan bagi pembangunan daerah.

Proses menuju kemandirian suatu daerah dalam era globalisasi saat ini tidaklah terlepas dari adanya daya saing dalam membentuknya. Daya saing tidaklah hanya berorientasi pada indikator ekonomi saja, tetapi lebih jauh lagi yaitu daya saing tersebut diartikan sebagai kemampuan daerah untuk menghadapi tantangan dan persaingan global untuk peningkatan kesejahteraan hidup rakyat yang nyata dan berkelanjutan serta secara politis, sosial dan budaya dapat diterima oleh seluruh masyarakat.

Capaian analisis pemetaan IDSD diperoleh dari empat aspek yaitu: 1) Aspek penguat/Enabling Environment; 2) Aspek Sumber Daya Manusia; 3) Aspek Pasar ;4) Aspek Ekosistem Inovasi. Ke empat aspek tersebut terbangun oleh 12 pilar, 23 dimensi dan 97 indikator/kuesioner. Hasil capaian skor IDSD menunjukkan indek daya saing daerah Pemerintah Daerah.

Perhitungan hasil pemetaan IDSD dengan variabel-variabelnya diharapkan dapat memberikan gambaran kepada pemerintah daerah tentang pencapaian hasil indikator selama 1 tahun sebagai bahan evaluasi/ penilaian pencapaian daya saing daerah Pemerintah Daerah. Analisis data merupakan kegiatan untuk mengambil kesimpulan dari data yang sudah dikumpulkan dan diolah, yang selanjutnya akan menjadi bahan pertimbangan untuk memberikan masukan bagi perencanaan, monitoring, dan pengendalian fungsi Pemerintah Daerah.
 

Tujuan Penyusunan Laporan IDSD 2020 sebagai berikut :

  1. Menyajikan hasil penilaian IDSD Kabupaten Pamekasan Tahun 2020, yang terdiri dari : Profil hasil penilaian ASPEK, PILAR, dan DIMENSI daya saing Kabupaten Pamekasan;
  2. Memberikan makna nilai IDSD bagi kegiatan pembangunan di Kabupaten Pamekasan;
  3. Menyiapkan bahan masukan untuk kebijakan dan perencanaan pembangunan Kabupaten Pamekasan;
  4. Menyajikan analisis ringkas potensi dan gap daya saing daerah bagi pencapaian tujuan pembangunan yaitu integrasi ke dalam laporan RPJMD Kabupaten Pamekasan;
  5. Menyajikan rekomendasi ringkas strategi dan program penguatan daya saing untuk Kebijakan.

Hasil Perhitungan Indeks Daya Saing Daerah Kabupaten Pamekasan Tahun 2020 sebesar 2.171 dengan kategori sedang. Kami berharap di tahun berikutnya dapat mengalami peningkatan daya saing daerah dengan kategori tinggi.

Selengkapnya Laporan Indeks Daya Saing Daerah 2020 Kabupaten Pamekasan dapat diunduh di Halaman Download (pamekasankab.com).

Unidha
© 2022 Bappeda Kabupaten Pamekasan Bappeda Kabupaten Pamekasan : Facebook Twitter Linked Youtube