header-int

Seminar Kajian Penelitian Teknologi Tepat Guna Biogas

Kamis, 04 Okt 2018, 09:48:23 WIB - 5 View
Share
Seminar Kajian Penelitian Teknologi Tepat Guna Biogas

Litbang Bappeda Pamekasan - Prosentase terbesar mata pencaharian penduduk Kabupaten Pamekasan adalah sebagai Petani (Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan termasuk juga Peternakan). Dalam Hal ini sektor Peternakan memberikan kontribusi yang cukup tinggi dalam Pembangunan Pertanian. Sub sektor Peternakan memiliki peluang pasar yang sangat baik dan akan terus meningkat dalam Pasar Domestik. Hal ini  juga sangat penting dalam kaitannya dengan penyediaan protein hewani masyarakat, yaitu pemenuhan daging di dalam negeri.

          Seminar yang diadakan pada 13 September 2018 dan dihadiri oleh Kepala OPD Terkait, Narasumber dari Universitas Airlangga, Petugas Inseminasi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Pamekasan serta Para Ketua Kelompok Tani ini membahas tentang lingkup pengembangan usaha Peternakan Sapi. Dimana banyak bagian yang bernilai bisnis, baik dari daging, kulit, tulang hingga limbahnya.

            Dalam hal ini limbah usaha peternakan sapi, yakni berupa kotoran merupakan alternatif dalam mengatasi permasalahan kelangkaan bahan bakar minyak. Sehingga dibutuhkan suatu inovasi yang dihasilkan berupa energi terbarukan dalam bentuk biogas. Hal ini juga dimaksudkan sebagai upaya mengurangi dampak kerusakan lingkungan serta menghasilkan nilai tambah baik dari segi ekonomi maupun lingkungan.

 

Bappeda News Team

Unidha
© 2018 Bappeda Kabupaten Pamekasan Bappeda Kabupaten Pamekasan : Facebook Twitter Linked Youtube