header-int

Seminar Kajian Penelitian Pemerintahan Daerah

Senin, 08 Okt 2018, 08:36:04 WIB - 29 View
Share
Seminar Kajian Penelitian Pemerintahan Daerah

Litbang Bappeda Pamekasan – Pilkada yang merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat di daerah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Pemerintahan yang menganut sistem Demokrasi, demikian halnya juga dengan Pemilu. Perlu diketahui bahwasannya Negara kita telah melaksanakan sebanyak 11 kali Pemilu semenjak Negara merdeka.

Menghadapi Pemilu 2019 mendatang, menjadi sebuah harapan rakyat akan Pemimpin yang dapat menepati janji dan mewujudkan apa yang menjadi aspirasi rakyat. Dinamika perubahan politik di tingkat lokal jangan sampai menjadi eksperimen Demokrasi yang akan berdampak pada hasil atas Pembangunan Politik. Dimana hanya menjadi rutinitas politik untuk mencapai kekuasaan.

Melihat pada tahun 1999 dimana terjadi Penurunan tingkat partisipasi pemilih atau GolPut. Realita ini mengindikasikan bahwa telah terjadi sikap apatis di kalangan pemilih yang berpengaruh terhadap perkembangan Demokrasi itu sendiri.

Dalam Seminar ini yang dilaksanakan pada Selasa (18/9) telah dilakukan Survey Lapangan atas data – data berhubungan dengan Pemilu serta Focus Group Discussion guna mendapatkan masukan, informasi dan data tambahan dari para peserta diskusi sebagai upaya menyempurnakan hasil penelitian. Seminar ini juga dihadiri oleh Kepala OPD Terkait, Narasumber dari FISIP Universitas Airlangga, Staf Ahli Bupati, Camat di Kabupaten Pamekasan, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua Partai Politik, Rektor Perguruan Tinggi di Pamekasan dan para Pejabat Struktural di Lingkungan Bappeda sendiri.

 

Bappeda News Team

Unidha
© 2018 Bappeda Kabupaten Pamekasan Bappeda Kabupaten Pamekasan : Facebook Twitter Linked Youtube