header-int

Optimalisasi Aplikasi Menuju SmartCity

Rabu, 18 Apr 2018, 09:33:34 WIB - 104 View
Share
Optimalisasi Aplikasi Menuju SmartCity

Pemerintah Kota Pamekasan terus menggalakan pemanfaatan berbagai aplikasi elektronik untuk merespon tuntutan pelayanan publik antara lain : e-planning dan e-budgetting dalam proses perencanaan pembangunan berbasis online, dan menerapkan system aplikasi yaitu system monitoring evaluasi kinerja pembangunan daerah berbasis online.  

Sistem aplikasi e-Monev dapat :

  1. Menghubungkan suatu integrated System dalam mengelola monitoring dan evaluasi kinerja pembangunan yang telah dilaksanakan.
  2. Memandu dan memberikan informasi secara cepat dan akurat terhadap capaian realisasi program prioritas dan non prioritas, sepert realisasi anggaran (keuangan) dan fisik serta mengetahui sedini mungkin sisa lebih perhitungan anggaran.
  3. Mengetahui secara langsung prestasi kinerja masing-masing OPD, tidak lagi menunggu persemester tapi bisa diketahui setiap hari oleh pimpinan.
  4. Mengetahui kegiatan yang belum berjalan disalah satu OPD dapat diketahui secara dini, sehingga pimpinan bisa memberikan treatment atau solusi terbaik untuk kegiatan yang belum berjalan.

Untuk dapat mengoptimalkan pelaksanaan system aplikasi e-Monev diperlukan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis e-Monev dilingkungan Pemerintahan Kota Pamekasan. Kepada seluruh Kasubag Perencanaan diharapkan mengikuti dengan sungguh-sungguh.

Dengan adanya group WhatsApp diharapkan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Pamekasan dapat mengetahui, memahami dan mengerjakan tentang Mekanisme kerja e-Monev, Komponen evaluasi dalam system e-Monev (proses, output, outcome dan impact), Indikator, kinerja, indikator kinerja, Tujuan penggunaan indikator kinerja, Manfaat penyusunan indikator kinerja, cara menyusun tolok ukur kinerja (Input, output. Output, Outcome dan dampak), Penetapan indikator rencana kinerja daerah, System aplikasi e-Monev dapat digunakan sebagai alat pengendalian dan evaluasi (ruang lingkup, tujuan, kewenangan, tugas dan fungsi, laporan  serta evaluasi RKPD, RPJMD, LKPJ) sebagai upaya menuju smart city. Dengan berbagai system aplikasi elektronik e-planning, e-budgetting dan e-Monev dapat memaksimalkan kinerja OPD, koordinasi dan sinkronisasi yang dimulai dari penyusunan perencanaan dan anggaran hingga monitoring dan evaluasi pembangunan.

Unidha
© 2018 Bappeda Kabupaten Pamekasan Bappeda Kabupaten Pamekasan : Facebook Twitter Linked Youtube